Telp : (0370) 623375

Tingkatkan Profesionalisme BK Melalui MGBK

Humas_Kemenag.KLU. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara H.M.Ali Fikri,SH.,MH didampingi Kepala Seksi Penididikan Islam Muh.Nurul Wathani,M.Pd membuka kegiatan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling ( MGBK )untuk tingkat Madrasah Aliyah ( MA ) Se-Kabupaten Lombok Utara di Lesehan Fadila Desa Gondang Kecamatan Gangga KLU ( 15/11/2021). Hadir juga Fasilitator Daerah ( FASDA ) Lukman Hadi, M.Pdi, ketua KKM MA Tingkat Kecamatan Gangga Awaludin,M.Pd dan peserta kegiatan adalah Guru BK MA Se – Kabupaten Lombok Utara.

Ketua panitia kegiatan Karimah, S.Pd dalam laporannya mengungkapkan kegiatan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling ( MGBK ) tingkat kabupaten Lombok Utara untuk pertama kali dilaksanakan. “ Kegiatan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling ( MGBK ) untuk pertama kali dilaksanakan dikabupaten Lombok Utara dan khusus atau focus pada guru BK di madrasah khususnya di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lombok Utara dalam rangka untuk meningkatkan profesionalisme pelayanan bimbingan konseling di madrasah aliyah di kabupaten Lombok Utara “ Ungkap Karimah Ditempat yang sama, Ketua KKM MA Kecamatan Gangga Awaludin, M.Pd kegiatan MGBK ini merupakan tindak lanjut dari hasil proposal kegiatan yang telah diajukan.

“ Kami menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara atas dukungannya sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dan atas proposal yang telah kami ajukan beberapa waktu yang lalu kepada Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara dan mendapatkan persetujuan “ Ungkap Awaludin

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara H.M.Ali Fikri,SH.MH menyampaikan bahwa Kementerian Agama mempunyai tugas dibidang pendidikan. “ Kementerian Agama juga mengurus bidang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan yang ada disekolah umum atau PAKIS). Dan di Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara ada seksi Pendidikan islam dan mengurus dua bidang yaitu pendidikan agama dimadrasah dan sekolah umum yang bidang agama. “ Ungkap H.M.Ali Fikri

H.M.Ali Fikri juga mengungkapkan BK yang ada di madrasah bukan guru melainkan berada di bagian Bimbingan konseling atau yang mengurus bagian konseling yang sebelumnya BK dikenal dengan istilah BP atau Bimbingan dan Penyuluhan dan merupakan garda terdepan karena aman dan damai dulu sekolah itu baru pelaksanaan pendidikan akan bisa berjalan dan baru diberikan pendidikan.

Bagimana pendidikan disekolah atau madrasah bisa terlaksana dengan baik kalau dimadrasah itu atau sekolah itu tidak aman, tidak nyaman, para muridnya malas, para muridnya nakal - nakal apalagi mereka yang berada ditingkat sekolah - sekolah SMA/SMK atau MA. Maka disinilah peran pentingnya Bimbingan Konselingan ( BK ) disekolah - sekolah atau di madrasah. Yang berperan dibidang BK dalam mendalami atau menangani kasus - kasus disekolah atau madrasah diharapkan mampu memahami, mendalami, menyelami, mampu untuk mengedukasi dan mampu memberikan pelayanan informatif supaya apa yang disampaikan atau apa yang dicontohkan atau apa yang kita sebut terhadap siswa mau didengar, maau melaksanakan dan menjadi contoh. ( Humas )

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya